Macam-macam Prosedur Medis di Kimia Farma Cirebon

  • August 24, 2021

Selain di rumah sakit, prosedur pemeriksaan medis juga bisa dilakukan di laboratorium klinik, seperti di Kimia Farma Cirebon. Laboratorium klinik yang satu ini memberikan berbagai layanan medis yang bisa menunjang pemeriksaan dan diagnosa untuk penyakit Anda. 

Ketika akan melakukan pemeriksaan di laboratorium klinik ini, sebelumnya Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter akan memberikan arahan mengenai jenis pemeriksaan yang perlu Anda ambil sesuai dengan kondisi kesehatan.

Akan tetapi, meskipun tidak mendapatkan rujukan dari dokter, Anda tetap bisa mengunjungi laboratorium klinik ini untuk melakukan pemeriksaan. 

Mengenal prosedur medis di Kimia Farma Cirebon

Sebenarnya, laboratorium klinik Kimia Farma menyediakan banyak segali ragam pilihan prosedur medis. Akan tetapi, beberapa prosedur medis unggulan mereka saat ini meliputi: 

  • Medical check up

Medical check up biasanya dilakukan secara berkala setiap tahun dan akan memberikan hasil berupa gambaran kesehatan secara menyeluruh. Di klinik Kimia Farma, Anda juga bisa menjalani medical check up dengan berbagai paket yang tersedia. 

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang biasanya dilakukan saat menjalani medical check up. Contohnya seperti pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan jantung, pemeriksaan kesehatan prostat untuk pria, pap smear untuk mendeteksi kanker serviks pada wanita, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis pemeriksaan tersebut bisa Anda dapatkan ketika mengambil paket medical check up di Kimia Farma Cirebon. 

  • Vaksinasi

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, laboratorium klinik Kimia Farma juga memiliki prosedur unggulan berupa vaksinasi. Dalam hal ini, vaksinasi yang disediakan cukup beragam, tidak hanya terbatas pada vaksinasi Covid-19 saja. 

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya vaksinasi berfungsi untuk membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap kondisi medis tertentu. Proses vaksinasi akan mengajarkan tubuh untuk mengenali jenis penyakit baru, sehingga mampu membentuk pertahanan untuk melawan penyakit baru tersebut. 

Vaksinasi biasanya lebih banyak dilakukan pada anak-anak, namun tetap bisa juga dilakukan bagi pasien dewasa. Anda bisa mendapatkan vaksinasi untuk anak-anak maupun dewasa di Kimia Farma Cirebon.

  • Tes Covid-19

Di saat pandemi seperti sekarang ini, mungkin Anda perlu melakukan tes pemeriksaan Covid-19. Untuk mendeteksi keberadaan virus, Anda bisa juga menjalani tes Covid-19 di laboratorium klinik Kimia Farma. 

Umumnya, tes pemeriksaan Covid-19 akan dilakukan dengan pengambilan sampel jaringan melalui tenggorokan dan lubang hidung. Nantinya, pihak klinik akan menggunakan sampel tersebut untuk diuji di laboratorium. 

Setiap laboratorium memiliki kecepatan pengujian yang berbeda-beda. Anda bisa menghubungi pihak Kimia Farma Cirebon secara langsung untuk mengetahui kapan hasil pemeriksaan Anda akan keluar. 

Persiapan sebelum berkunjung ke laboratorium klinik

Sebelum mengunjungi laboratorium klinik Kimia Farma, ada baiknya Anda mempersiapkan diri terlebih dahulu. Tentukan apa jenis pemeriksaan yang mau Anda lakukan di klinik tersebut, dan mintalah informasi mengenai jenis pemeriksaan tersebut ke pihak klinik secara mendetail.

Persiapan untuk melakukan pemeriksaan mungkin akan berbeda-beda pada setiap pasien, tergantung jenis pemeriksaan yang dijalani. Sebagai contoh, jika Anda ingin melakukan tes darah, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk berpuasa terlebih dahulu dalam rentang waktu 8-12 jam sebelum pemeriksaan.

Hal ini berfungsi untuk memastikan hasil tes darah lebih akurat, karena makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan memengaruhi akurasi hasil tes darah tersebut. 

Apapun jenis tes yang akan Anda lakukan, pihak Kimia Farma Cirebon pasti akan memberikan arahan mengenai hal-hal yang perlu Anda persiapkan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*