Cara Membersihkan Luka Operasi Caesar yang Bernanah di Rumah

  • June 26, 2021

Setelah ibu melahirkan dengan operasi caesar, dokter menyarankan agar ibu beristirahat hingga benar-benar pulih. Ibu juga harus merawat luka pasca operasi agar tidak infeksi. Tapi tak jarang hal tersebut dialami oleh sebagian ibu. 

Infeksi luka operasi caesar disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam luka. Luka yang terinfeksi akan terlihat bengkak dan kemerahan, diikuti dengan rasa sakit pada jahitan. Infeksi yang parah bisa menyebabkan darah atau nanah 

Bekas luka di perut sang ibu termasuk salah satu efek samping operasi ceasar

Infeksi yang parah harus segera ditangani oleh dokter untuk diberikan penanganan yang tepat. Setelahnya Anda bisa menanyakan bagaimana cara membersihkan luka operasi caesar yang bernanah di rumah. 

Penyebab luka operasi caesar infeksi

Sekitar 15-20 persen infeksi pada luka operasi caesar disebabkan oleh bakteri staph (Staphylococcus aureus). Bakteri ini secara alami tinggal di kulit dan rambut manusia. Ketika bakteri masuk ke dalam luka bisa menyebabkan infeksi. 

Gejala infeksi luka akibat bakteri staph dimulai dalam waktu 28 jam setelah bakteri menginfeksi. Beberapa jenis infeksi pasca-operasi yang disebabkan oleh bakteri staph antara lain:

  • Impetigo: Infeksi kulit menular yang ditandai dengan kulit merah melepuh berisi cairan yang ketika pecah akan meninggalkan bekas luka seperti kulit berkerak. Impetigo terasa sangat gatal dan menyakitkan.
  • Abses: Abses atau luka perut berisikan kulit mati dan nanah yang terasa hangat dan menyakitkan. 
  • Selulitis: Infeksi pada kulit dan jaringan kulit yang ditandai dengan kulit kemerahan, serta terasa hangat dan menyakitkan saat disentuh. Gejalanya dapat menyebar dengan cepat. 
  • Erisipelas: Jenis selulitis yang melibatkan sistem getah bening. Ditandai dengan lesi merah, mengkilat, dan menonjol. 

Selain bakteri staph, beberapa jenis bakteri yang juga bisa menyebabkan infeksi meliputi:

  • Ureaplasma urealyticum
  • Staphylococcus epidermidis
  • Enterococcus faecalis
  • Escherichia coli
  • Proteus mirabilis

Kenali tanda-tandanya

Ibu yang menjalani operasi caesar harus mengawasi luka operasi dengan cermat. Jika tidak bisa terlihat dengan jelas, Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memeriksa luka setiap dua kali sehari. 

Segera temui dokter jika terdapat tanda-tanda luka terinfeksi, antara lain:

  • Kulit memerah dan pembengkakan di sepanjang tepi sayatan
  • Keluarnya nanah dari tempat sayatan
  • Nyeri tekan di sekitar tempat sayatan
  • Rasa sakit di tempat sayatan yang tak kunjung hilang atau semakin memburuk
  • Demam tinggi (38ºC)
  • Sakit saat buang air kecil
  • Keluarnya darah dari tempat sayatan
  • Keputihan berbau tidak sedap

Bagaimana mengobati luka pasca operasi caesar yang bernanah?

Jika luka operasi mengeluarkan nanah, dokter akan membuka sayatan di area yang terinfeksi, kemudian mengeluarkan nanah. Setelah area tersebut bersih dan dicuci dengan hati-hati, dokter akan mengoleskan antiseptik untuk mencegah penumpukan nanah. 

Setelah beberapa hari, Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan kembali untuk memastikan penyembuhan berjalan dengan tepat. Nantinya dokter akan memutuskan apakah luka bisa ditutup kembali atau dibiarkan sembuh dengan sendirinya. 

Selama masa perawatan di rumah, berikut cara membersihkan luka operasi caesar yang bernanah:

  1. Selalu bersihkan tangan sebelum dan sesudah membersihkan luka operasi.
  2. Bersihkan luka dengan cara mengusapnya pelan-pelan menggunakan kain atau handuk bersih yang lembut.
  3. Gunakan obat antibiotik secara rutin. Jangan sampai telat mengoleskannya ke luka jahitan. 
  4. Ganti pembalut luka secara teratur. 
  5. Hindari memakai pakaian ketat agar tidak menekan area yang terluka.
  6. Jangan mengoleskan sabun, body lotion, atau produk lainnya di atas luka.

Cegah sebelum terlambat

Tidak semua wanita yang mendapatkan operasi caesar akan mengalami infeksi. Sebelum operasi, dokter mungkin meminta Anda mandi dengan sabun antibakteri khusus dan tidak disarankan untuk bercukur. Sebelum memulai prosedur pun para petugas medis akan membersihkan dan mendesinfeksi area tersebut. 

Wanita yang memiliki masalah medis seperti diabetes, obesitas, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah akan diminta untuk menjaga kesehatannya sejak jauh hari sebelum operasi caesar. 

Catatan

Cara membersihkan luka operasi caesar yang bernanah cukup mudah dilakukan. Anda juga akan segera membaik jika perawatan dilakukan secara rutin. Mintalah bantuan pasangan atau anggota keluarga lainnya jika Anda kesulitan dalam membersihkan luka operasi caesar.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*