Cara Bersihkan Alat Olahraga di Rumah agar Tetap Steril

Cara Bersihkan Alat Olahraga di Rumah agar Tetap Steril

  • July 23, 2021

Kegiatan olahraga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menggunakan alat olahraga sebagai penunjangnya merupakan salah satu cara yang sering digunakan. Bagi pengguna perlengkapan olahraga, mungkin masih bingung bagaimana cara membersihkan alat olahraga dirumah? kapan waktu yang tepat saat membersihkan alat olahraga, dan apakah peralatan olahraga wajib untuk dibersihkan? 

Jenis dan cara membersihkan alat olahraga di rumah

Ternyata alat olahraga sangat penting untuk dibersihkan. Meski hanya digunakan untuk penggunaan pribadi, tak ada salahnya Anda rutin membersihkan alat olahraga Anda dirumah. Selain untuk memastikan perlengkapan dan peralatan olahraga bersih dari keringat dan kotoran sehabis penggunaan, alat olahraga yang bersih akan nyaman digunakan setelah dibersihkan. Simak beberapa tips untuk membersihkan alat olahraga dirumah agar tetap steril berikut:

1. Yoga mat

Yoga mat sangat rentan terkena keringat yang menetes. Jika dibiarkan ini akan meninggalkan bercak dan dapat menjadi tempat bakteri berkumpul. Untuk membersihkan Anda dapat menyemprotkan disinfektan ke seluruh permukaan matras kemudian lap menggunakan handuk bersih. Selanjutnya, Anda bisa membersihkannya menggunakan kain yang direndam air hangat dengan menggunakan sabun cuci piring ke seluruh permukaan yoga mat. 

Setelahnya lap kembali menggunakan kain yang bersih hingga tak ada sabun yang tersisa. Anda bisa mengeringkannya dengan menginginkannya di dalam ruangan hingga benar-benar kering sebelum menggulung dan menyimpannya.

2. Foam roller

Alat olahraga ini memiliki bahan yang hampir mirip dengan yoga mat. Untuk membersihkannya, Anda cukup menyemprotkan disinfektan lalu mengelapnya dengan kain bersih. Jika terdapat noda, Anda bisa mengulangi hinda noda perlahan memudar.

3. Resistance band

Untuk penggunaan resistance band, Anda cukup merendamnya dengan air hangat dengan sabun lalu gosok perlahan. Jika tidak terdapat noda pada resistance band, tidak perlu digosok dan lalu keringkan dengan cara didinginkan di dalam ruangan. Setelahnya kering, berikan semprotkan sedikit desinfektan agar benar-benar bersih.

4. Dumbbells & Kettlebell

Dumbbells dan Kettlebell juga rawan ditempati oleh bakteri karena tangan cenderung selalu berkeringat saat menggunakan alat ini. Peralatan olahraga seperti dumbbells dan kettlebell dapat dibersihkan dengan menyemprotkan cairan desinfektan pada permukaannya, gunakan juga rendaman sabun dan air hangat untuk menghilangkan noda-noda di sekitar dumbbell dengan menggunakan kain untuk membersihkannya. 

Pada bagian yang sulit, Anda dapat gunakan sikat di bagian yang sulit dijangkau. Jangan lupa untuk membersihkan ekstra pada bagian pegangan dumbbell dan kettlebell.

5. Mesin kardio (Treadmill, sepeda listrik)

Membersihkan treadmill sebenarnya cukup mudah. Semprotkan cairan desinfektan kemudian lap menggunakan kain bersih tiap kali selesai menggunakannya. Anda bisa lakukan in  dari bagian atas (pegangan treadmill) hingga pedal. 

Untuk bagian yang sulit dijangkau seperti pedal, Anda bisa menggunakan sikat kecil yang disemprotkan desinfektan agar seluruh permukaan pedal bersih dan terbebas dari kuman.

6. Battle roop / Tali skipping

Pembersihan battle roop dapat disesuaikan berdasarkan bahan dasar tali. Umumnya perlatan olahraga ini terbuat dari bahan nilon, polipropilen, poliester, hingga dacron. Untuk pembersihannya, cukup rendam tali pada air hangat yang dicampur sabun berbahan dasar ringan untuk meluruhkan kotoran, saat merendamnya jangan terlalu lama kemudian keringkan pada pada ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pastikan tali benar-benar kering sempurna sebelum menyimpannya.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk untuk membersihkan alat olahraga di rumah agar tetap steril. Anda bisa membersihkannya setiap selesai berolahraga atau sesuaikan dengan kenyamanan penggunaan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*